Jumat, 17 Juni 2011

METODE PEMBELAJARAN DITAMAN KANAK-KANAK

Nama : Shohibul Hidayat
NIM : 090020087
Kelas : D

1. Metode Bercerita
Metode bercerita adalah cara bertutur kata dan penyampaian cerita atau memberikan penjelasan kepada anak secara lisan. Bercerita merupakan cara untuk meneruskan warisan budaya dari satu generasi ke generasi berikutnya menurut Gordon & Browne, 1985 dalam Moeslichatoen.
Bercerita mempunyai makna penting bagi perkembangan anak TK karena melalui bercerita kita dapat :
a. Mengkomunikasikan nilai-nilai budaya.
b. Mengkomunikasikan nilai-nilai sosial.
c. Mengkomunikasikan nilai-nilai keagamaan.
d. Menanamkan etos kerja, etos waktu, etos alam.
e. Membantu mengembangkan fantasi anak.
f. Membantu mengembangkan dimensi kognitif anak.
g. Membantu mengembangkan dimensi bahasa anak.

2. Metode Bercakap-cakap
Metode bercakap-cakap berupa kegiatan bercakap-cakap atau bertanya jawab antara anak dengan guru atau antara anak dengan anak. Bercakap-cakap dapat dilaksanakan dalam bentuk :
(1) bercakap-cakap bebas,
(2) bercakap-cakap menurut tema,
(3) bercakap-cakap berdasarkan gambar seri.
Dalam bercakap-cakap bebas kegiatan tidak terikat pada tema, tetapi pada kemampuan yang diajarkan. Bercakap-cakap menurut tema dilakukan berdasarkan tema tertentu. Bercakap-cakap berdasarkan gambar seri menggunakan gambar seri sebagai bahan pembicaraan.

3. Metode Tanya Jawab
Metode Tanya jawab dilaksanakan dengan cara mengajukan pertanyaan tertentu kepada anak. Metode ini digunakan untuk :
(1) mengetahui pengetahuaan dan pengalaman yang telah dimiliki anak,
(2) memberi kesempatan anak untuk bertanya, dan
(3) mendorong keberanian anak untuk mengemukakan pendapat.

4. Metode Karya Wisata
Metode karya wisata dilakukan dengan mengajak anak mengunjungi objek-objek yang sesuai dengan tema.

5. Metode Demonstrasi
Metode demonstrasi dilakukan dengan cara mempertunjukkan atau memperagakan suatu cara atau suatu keterampilan, tujuannya agar anak memahami dan dapat melakukannya dengan benar, misalnya, mengupas buah, memotong rumput, menanam bunga, mencampur warna, meniup balon kemudian melepaskannya, mengosok gigi, mencuci tangan dan lain-lain.

6. Metode Sosiodrama atau Bermain Peran
Metode sosiodrama adalah cara memberikan pengalaman kepada anak melalui bermain peran, yakni anak diminta memainkan peran tertentu dalam suatu permainan peran. Misalnya, bermain menyayangi keluarga, menyayangi binatang dan lain-lain.

7. Metode Eksperimen
Metode eksperimen adalah cara memberikan pengalaman kepada anak dimana anak member perlakukan terhadap sesuatu dan mengamati akibatnya. Misalnya, balon ditiup, warna dicampur, air dipanaskan, tanaman disirami atau tidak disirami dan lain-lain.

8. Metode Proyek



Metode proyek adalah metode yang memberikan kesempatan kepada anak untuk menggunakan alam sekitar dan kegiatan sehari-hari sebagai bahan pembahasan melalui berbagai kegiatan.

9. Metode PemberianTugas
Metode pemberian tugas adalah metode yang memberikan kesempatan kepada anak untuk melaksanakan tugas yang disiapkan oleh guru. Pemberian tugas mempunyai makna penting bagi anak TK, antara lain :
a. Pemberian tugas secara lisan akan memberikan kesempatan kepada anak untuk melatih persepsi pendengaran mereka. Jadi meningkatkan kemampuan bahasa reseptif.
b. Pemberian tugas melatih anak untuk memusatkan perhatian dalam jangka waktu tertentu.
c. Pemberian tugas dapat membangun motivasi anak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar